TIPS CARA MERAWAT BURUNG KACER

Merawat ataupun memelihara burung kacer merupakan kesenangan untuk setiap penghobi burung kacer, kali ini akan coba kembali kita bahas mengenai cara merawat burung kacer, perlu untuk diketahui bahwa artikel ini hanya sebagai dasar perbandingan dalam merawat burung kacer, mengingat bahwa setiap burung kacer memiliki perbedaaan karakter maka anda harus dapat berperan dalam mencari tau apakah settingan rawat yang anda sudah terapkan cocok dengan karakter yang dimiliki oleh burung kacer kesayangan anda.

Berikut ini merupakan langkah-langkah dalam merawat burung kacer!

1. Keluarkan burung pukul 06.00 (pagi)
- Hal ini berfungsi untuk memberikan efek penyegaran pada burung kacer dimana pada saat hari masih pagi udara yang masih fresh/segar dapat
dimanfaatkan oleh burung kacer tersebut untuk menyegarkan semua organ yang berkaitan dengan pernapasan!, hal ini juga bermanfaat untuk burung yang sedang atau menjalani proses treatment embun pagi (pengembunan)

2. Jemur burung dari jam 07.00 hingga jam 09.00
- Proses penjemuran hanya dilakukan sekitar 2 jam, karena pada jam-jam tersebut adalah baik untuk burung dapat memperoleh sinar matahari
agar dapat membantu proses pembentukan provit D menjadi vitamin D, pada tahapan ini pastikan bahwa sinar matahari mengenai seluruh kandang burung, selain itu juga dapat membunuh kuman/bakteri yang terdapat pada kandang burung.

3. Mandikan burung.
- Untuk tahapan proses pemandian burung kacer disesuaikan dengan karakter dan kebiasaan burung kacer anda!, mandi bisa menggunakan keramba mandi, cepuk mandi, ataupun spraying (semprot untuk mandi burung), terkhusus untuk mandi yang menggunakan spraying agar diperhatikan!, jangan menyemprot burung dengan tekanan air yang sangat kuat, cukup dengan lembut saja.

4. Ganti semua Pakan dan Air, sekaligus juga bersihkan kandang.

5. Angin-anginkan burung.
- Posisikan burung diteras rumah ataupun ditempat yang menurut anda teduh, tunggu sekitar 20 menitan!, nah biarkan bulu kering terlebih dahulu.

6. Berikan Extra fooding
- Untuk pemberian extra fooding untuk tiap-tiap burung kacer berbeda, disini saya memberikan extra fooding 1 sendok teh kroto dan 5 ekor jangkrik,
untuk pemberian jangkrik, anda dapat terlebih dahulu membersihkan kaki-kaki, kepala, bulu yang terdapat pada jangkrik.

7. Gantang burung diposisi yang menurut anda baik dan aman.
- Untuk pengantangan burung bisa dilakukan diteras rumah ataupun diruangan rumah lainnya yang menurut anda aman, dalam proses pengantangan perlu untuk diperhatikan beberapa hal berikut :

a. Jangan mengantang burung kacer berdekatan dengan burung kacer lainnya (bertatapan langsung tidak boleh)
b. Posisikan burung ditempat yang sejuk dan tenang
c. Pastikan bahwa hewan penggangu lainnya tidak akan mengganggu burung kacer anda, seperti Anjing, Kucing, Tikus, Semut, dll.
d. Pastikan sangkar burung/burung tidak memudah dijangkau dari luar rumah anda, hal ini berguna untuk menghindari pencuri/maling burung.
e. Jika anda memiliki lebih dari satu burung kacer dirumah, atur posisi agar burung tidak saling mendengar suara.

dan pada saat pengantangan inilah kita bisa menikmati suara burung kacer kesayangan!.

8. Pada sore hari, pukul 16.30 burung bisa kembali diberikan Extra fooding.
- Untuk pemberian extra fooding hanya diberikan jangkrik sebanyak 5 Ekor.

9. Pukul 17.30 burung bisa dikerodong dan dimasukkan kerumah, untuk dapat burung beristirahat!.

Ok… beberapa langkah perawatan burung kacer diatas bisa anda lakukan!, dan sebagai penambahan untuk pemberian multivitamin dan mineral bisa diberikan sebanyak 2 kali dalam seminggu. untuk jenis multivitamin bisa diperoleh ditoko-toko burung kesayangann anda, dengan beragam merk dagang.

Pemberian obat cacing bisa dilakukan sekitar 2 bulan sekali!.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!.

Leave a Reply