TIPS CARA MERAWAT BURUNG KACER MABUNG NGURAK

Ngurak/mabung merupakan siklus kehidupan dari burung kacer, hal ini akan dialami pada setiap kacer dalam kurung 1 atau 2 tahun.
Dalam proses ngurak/mabung ini disinilah burung kacer sangat memerlukan perhatian khusus dari kita sebagai perawatnya, dan ini merupakan tips yang bisa sobat KC jalankan apabila burung kacer sobat sedang menjalani proses mabung/ngurak.

1. Sediakan ruangan khusus untuk burung dapat beristirahat selama proses mabung berjalan, usahakan tidak ada hal-hal yang dapat menganggu ketenangan burung, seperti suara berisik, gangguan binatang predator, lalu lalang orang.
2. Senantiasa burung dikerodong (Full kerodong) kerodong hanya dibuka pada saat pemberian makanan atau pengantian minuman burung.
3. Pada proses ini burung tidak dimandikan.
4. Berikan asupan pakan yang bermutu dan tercukupi, seperti halnya pemberian voer yang bermerk, kroto, jangkrik
5. Lakukan proses pembersihan dasar kandang 2 atau 3 hari sekali.
6. Pemberian Vitamin dan Mineral adalah mutlak pada saat proses mabung.
7. Penjemuran tidak dilakukan hingga proses Mabung selesai

Proses ini bisa memakan waktu hingga 2 sampai 3 bulan tergantung pada kondisi burung dan asupan pakan yang diberikan selama burung mengalami proses mabung.

abdi km penulis di Burung-Kacer.comSalam Kacer Mania !!!, Perkenalkan saya (Abdi KM) bertempat tinggal di (Jl. Labuhan Deli No. 5 Lubuk Pakam, Kab. Deli Serdang, Prov. Sumatera Utara) Saya juga merupakan Duta KM MEDAN (www.Kicaumania.or.id) dan sobat kicau dapat menghubungi saya di Email (abdibuku@gmail.com) Telp (081260746999) Blackberry Messenger (75A7CE77) Akun Facebook (www.facebook.com/afdyanthony)

Mohon maaf jika sms belum dapat saya balas dikarenakan kesibukan pekerjaan, Trimss

This entry was posted in Artikel and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply