TIPS CARA MENGATASI MBAGONG PADA BURUNG KACER

Salam kicau buat para KC Mania!.

Sebelumnya bukan saya ingin sok pintar, namun artikel ini saya buat karena hanya ingin berbagi hal positif kepada para KC Mania sekalian.

Mbagong merupakan sifat alami dari burung kacer, namun disini kita selaku penghoby/pemelihara dituntut agar sifat yang kurang baik yang dimiliki burung kacer tersebut tidak menjadi kebiasaan yang terus-menerus nantinya dilakukan.

Banyak treatment khusus yang dilakukan para teman-teman KC Mania dalam mengatasi Mbagong pada burung kacer mereka, namun setiap treatment memiliki perbedaan yang siknifikan dengan hasil yang berbeda pula.

Penyebab dasar kacer Mbagong adalah kondisi kesehatan burung yang kurang baik.

Contoh hal :
1. Kacer pada awalnya kerja dengan baik namun dipertengahan pertarungan Mbagong = Over Birahi
2. Kacer dari awal sudah Mbagong dan sampai akhir pertarungan Mbagong = Kurang Birahi
3. Kacer pada awalnya Mbagong, dipertengahan Kerja dengan baik, dan akhirnya Mbagong = Kurang Birahi/Over Birahi

Sekedar wacana bagi kita :
– Over birahi namun kondisi fisik tidak memadai, maka yang akan terjadi point 1 dan 3 diatas!.
– Kurang birahi namun kondisi fisik tidak memadai, maka yang akan terjadi point 2 dan 3 diatas!.

Hal yang diatas akan sering diketemukan, dan faktor pencetusnya dikarenakan kondisi kesehatan burung yang memang kurang siap.

Untuk hal ini saya ingin membagikan tips mengatasi mbagong pada burung kacer versi penulis.

Pertama-tama, anda harus memahami beberapa point penting dibawah ini, dengan anda memahami maka anda akan mengerti apa yang menjadi permasalahan dan sumber awal penyebab Mbagong pada kacer.

Pasikan bahwa burung kacer anda dalam kondisi sehat!, sehat pada burung kacer dapat dibagi menjadi 2 kategori yaitu :

A) Sehat secara Fisik, dan
B) Sehat secara Mental

A) Sehat secara fisik meliputi :

1) Mandi
2) Extra Fooding (Jangkrik, Kroto, Ulat Hongkong, DLL)
3) Penjemuran
4) Umbar
5) Vitamin, mineral

Untuk penjelasan mari kita bahas ke 5 point yang telah saya sebutkan diatas!.

Untuk point 1 (Mandi) :
Pada umumnya burung kacer harus dimandikan secara terjadwal dalam hal ini adalah penting untuk memandikan burung kacer minimal 1 kali dalam sehari.

Untuk point 2 (Extra Fooding) :
Pemberian extra fooding pada burung lebih mengutamakan asupan protein yang membantu agar hormon estrogen dan hormon progesterone dapat bekerja secara optimal.
Kedua hormon ini berperan penting untuk merangsang burung dalam berkicau.

Untuk point 3 (Penjemuran) : Sangatlah penting untuk burung kacer memperoleh sinar matahari yang cukup dalam membantu memaksimalkan metabolisme yang terjadi didalam tubuh burung tersebut, maka perlu diperhatikan dalam proses penjemuran burung dilakukan secara baik dan benar, tidak berlebihan yang mengakibatkan burung mengalami stres akibat penjemuran yang over.

Untuk point 4 (Umbar) : hal ini sering menjadi kontroversi diantara sesama KC Mania yaitu baik tidaknya burung kacer diumbar, namun menurut pengalaman saya dan mempelajari sirklus alamiah bahwa pengumbaran  merupakan hal yang penting untuk mendapatkan kondisi burung yang prima sesuai dengan apa yang diharapkan, mengapa saya katakan seperti itu?, karena pada dasarnya dialam liar burung kacer selalu terbang dan menempuh jarak
yang cukup jauh untuk dapat berburu makan sehari-hari.

Untuk point 5 (Vitamin, mineral) : pemberian multivitamin dan multi mineral adalah mutlak untuk burung peliharaan, kekurangan vitamin dan mineral akan menyebabkan beragam gangguan kesehatan pada burung, pemberian yang tepat dan dosis yang terukur akan dapat memberikan hasil yang baik.

B) Sehat secara mental meliputi :

1) Usia burung
2) Jam terbang (Dalam hal ini rutin latihan baik itu Latber,Latpres,Kontes,DLL)

Untuk point 1 (Usia Burung) :
Penting untuk diketahui bahwa umur yang mapan akan memberikan dampak yang postif karena pada dasarnya burung fighter jenis kacer mengenal istilah senioritas dalam hal umur.

Untuk point 2 (Jam terbang) :
Lakukan proses pelatihan yang terjadwal dan bertahap, dengan mengutamakan aspek kesehatan dari fisik burung kacer tersebut.

Maka dengan anda mengenal point-point yang sudah tersebutkan diatas maka anda sudah akan mengerti apa yang menyebabkan kacer anda mbagong.

Perlunya peran penting anda untuk memaksimalkan dari point A diatas dengan melengkapi semua yang dibutuhkan burung kacer anda!.

Perlunya kesabaran anda sebagai pemelihara untuk dapat memaksimalkan dari point B diatas, butuh kesabaran dan ketekunan karena pada point B ini merupakan waktu sebagai mediator prosesnya.

Ok… Baik para KC Mania, semoga dengan artikel diatas dapat memberikan harapan baru untuk dapat mengatasi permasalahan Mbagong yang dialami oleh kacer anda!.

Sukses buat anda
Abdi_KC

abdi km penulis di Burung-Kacer.comSalam Kacer Mania !!!, Perkenalkan saya (Abdi KM) bertempat tinggal di (Jl. Labuhan Deli No. 5 Lubuk Pakam, Kab. Deli Serdang, Prov. Sumatera Utara) Saya juga merupakan Duta KM MEDAN (www.Kicaumania.or.id) dan sobat kicau dapat menghubungi saya di Email (abdibuku@gmail.com) Telp (081260746999) Blackberry Messenger (75A7CE77) Akun Facebook (www.facebook.com/afdyanthony)

Mohon maaf jika sms belum dapat saya balas dikarenakan kesibukan pekerjaan, Trimss

This entry was posted in Artikel and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply