PERAWATAN KACER UNTUK LOMBA | SETTINGAN KACER KONTES

Dear… KC Mania!, dalam melombakan/kontes burung kacer banyak aspek yang harus anda ketahui terlebih dahulu, baik itu dari segi mental, fisik, isian master, volume dan lain-lain.

tapi kali ini kita akan membahas dari segi perawatan sebelum lomba/kontes digelar, maka anda harus menyiapkan burung kacer kesayangan dengan sebaik-baiknya!, ada beberapa tahapan yang perlu anda jalankan untuk dapat memperoleh hasil yang maksimal!.

Sebagai pemilik kacer, pastilah anda sudah terlebih dahulu mengenali karakter dari burung kacer yang akan anda lombakan, karena kunci kesuksesan dalam  melombakan burung kacer adalah setting maksimal yang disesuaikan secara baik dan optimal dengan karakter burung kacer itu sendiri.

Ok… kita akan mulai mempersiapkan burung kacer dalam 7 hari sebelum lomba/kontes digelar.

1. H-7 hingga H-4 rawat burung dengan pola rawatan harian – silahkan kembali dibuka artikel saya ” Tips Cara Merawat Burung Kacer ” tapi dalam pola perawatan harian pada H-7 hingga H-4, pastikan burung kacer tidak mendengar suara burung kacer lain ataupun burung yang berlainan jenis, dan pastikan tidak ada suara yang memancing burung kacer untuk fight, kalo hanya¬† sekedar kicau, yahhhh.. dinikmati saja… Ok

2. H-3 naikkan porsi jangkrik hingga 5 ekor (Pagi/Sore) dan kroto 1 sendok teh (Pagi)

3. H-2 Porsi jangkrik dan kroto tetap, dan ditambahkan ulat hongkong 2 ekor (Pagi/Sore), pada H-2 burung sudah dalam kondisi dikerodong untuk diistirahatkan, dan tetap dipastikan tidak ada suara yang memancing burung untuk fight, yaaa…

4. H-1 naikkan porsi jangkrik hingga 8 ekor (Pagi/Sore) dan kroto 2 Sendok teh (Pagi) ulat hongkong 2 ekor (Pagi/Sore)

5. Hari H – nah.. disini yang perlu tinggal bagaimana anda menyikapi perubahan yang telah dialami burung, perhatikan dengan baik kondisi burung kacer anda!, apakah burung kacer dalam kondisi over birahi atau malah kurang birahi.

Jika burung mengalami over birahi, anda bisa melakukan beberapa hal berikut :

a) Mandikan burung 20 menit sebelum digantang untuk dilombakan.
b) Bisa diberikan uthulan untuk mengurangi birahi dari burung kacer tersebut, trik untuk memberikan burung uthulan untuk kacer akan dibahas dalam postingan berikutnya, yaaa….

c) Burung bisa diberikan ulat bumbung berkisar 3-4 ekor sebelum akan digantang.

Jika burung mengalami kurang birahi, anda bisa melakukan beberapa hal berikut :

a) Jangan memandikan burung.
b) Tingkatkan pemberian jangkrik dan ulat hongkong, sesuaikan dan amati apakah birahi burung sudah sesuai dengan yang anda harapkan!.

Sekali lagi saya ingatkan buat sobat KC Mania!, kunci suksesnya adalah seberapa cermatnya anda mengamati perubahan yang terjadi para burung kacer kesayangan anda!, maka anda akan dengan mudah mengaturnya sesuai dengan keinginan!.

Ok… sobat KC Mania, hal-hal tersebut diatas merupakan pengalaman yang sering saya dan teman-teman KC lakukan, dan menurut saya hasil yang diperoleh cukup memuaskan.

Selamat mencoba!.

Salam KC Mania.
Abdi_KC

Leave a Reply