CIRI BURUNG KACER MASUKI MASA MABUNG NGURAK

Salam kacermania!

Dah lama nie rasanya nggak melakukan postingan terbaru pada blog kita tercinta ini, yah lama tidak posting bukan karena malas lho tapi ada sedikit pekerjaan yang menyita waktu.
Sedikit bocoran untuk sobat kacermania bahwa akan nantinya diliris buku panduan dalam format ebook edisi www.burung-kacer.com diharapkan nantinya dengan adanya buku panduan ini bisa memenuhi pertanyaan-pertanyaan para kacermania yang hobby merawat dan melatih burung kacer untuk lomba ataupun kontes.

Ok!, kembali ketofik utamanya yaitu mengetahui ciri-ciri burung kacer yang sudah memasuki masa mabung atau dimana masa burung kacer bertukar bulu lama dengan menumbuhkan bulu yang baru.
Sirklus mabung akan dialami setiap burung kacer, baik itu burung yang kita rawat dirumah ataupun yang hidup bebas dialam liar.

Penting kita ketahui ciri apabila burung kacer memasuki masa mabung ataupun masa ganti bulu, hal ini perlu diketahui agar pola rawatan dan treatment yang diberikan tepat dan benar.

Beberapa ciri-ciri burung kacer yang memasuki masa mabung diamati dari kondisi bulu diantaranya adalah :

1. Seluruh Bulu terlihat kusam, bulu yang awalnya terlihat cerah berwarna hitam kontras akan terlihat memudar berwarna hitam kecoklatan
2. Bulu terlihat pecah-pecah, bulu pada bagian ekor akan terlihat mengalami ini, bulu pada bagian ujung akan terlihat pecah-pecah tidak mengepal sebagaimana mestinya.
3. Bulu terlihat acak-acakan, bulu pada bagian sayap terlihat tidak beraturan, hal ini ditandakan dengan strip warna putih yang terdapat pada bagian sayap burung yang tidak terlihat lurus pangkal hingga ujung.
4. Bulu kecil terlihat berjauhan pada dasar sangkar.

Beberapa ciri-ciri burung kacer yang memasuki masa mabung diamati dari kondisi fisik burung diantaranya adalah :

1. Burung kacer cenderung berdiam, mengurangi aktifitas bergerak dalam sangkar
2. Burung kacer kelihatan lebih sering mekarkan bulunya
3. Burung kacer menjadi bisu ataupun malas berkicau, dalam kondisi ini tidak berpengaruh kepada beberapa burung kacer gacor lain, burung kacer gacor biasanya kondisi seperti ini tetap berkicau walaupun tidak kelihatan ngotot dalam berkicau

Nah!, jika sobat kicau mendapati beberapa point diatas dialami oleh burung kacer sobat, maka besar kemungkinan bahwa burung kacer sobat sudah memasuki masa mabung, ada¬† baiknya melakukan treatment mabung untuk kacer tersebut, silahkan dibaca artikel berikut ini ya “Merawat Burung Kacer Ngurak Mabung

Ok!, semoga artikel ini bermanfaat ya!, dan salam kacermania!…

This entry was posted in Artikel and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply