CARA MELATIH BURUNG KACER MANDI DI KERAMBA MANDI

Para Sobat KC Mania!, melatih burung kacer agar mau mandi menggunakan keramba memang gampang-gampang susah, apalagi hal ini merupakan kali pertama burung kacer anda untuk mandi dikeramba mandi!, perlu kesabaran ekstra dan perhatian penuh agar nanti burung kacer tidak menjadi stress dan yang paling para jika burung kacer sampai terbang keluar dari sangkar.

Saya memiliki tips ringan untuk sobat yang ingin melatih momongannya agar senang dan mudah diajak jika mandi pada keramba mandi.
Sobat KC bisa memilih salah satu tips dibawah ini, Ok… langsung aja yaaa…

Tips 1 :
Jika sobat memandikan burung kacer pada pagi hari, maka yang perlu sobat lakukan adalah pada saat malam hari kosongkan cepuk makanan, dan pada pagi harinya burung bisa di jemur sekitar 15 menit, untuk memancing burung kacer agar mau masuk kekeramba maka sejajarkan pintu sangkar dengan pintu keramba dan dimulai dengan membuka pintu keramba terlebih dahulu dan kemudian pintu sangkar, letakkan beberapa ekor jangkrik didalam air pada keramba mandi, biarkan!, tetap diperhatikan dari jauh!.
Jika burung sudah masuk kekeramba langsung tutup terlebih dahulu pintu keramba mandi dan dilanjutkan dengan pintu sangkar!.

Tips 2 :
Cabut semua cepuk pakan dan minum pada sangkar burung, lakukan penjemuran terlebih dahulu berkisar 15  menitan dan selanjutnya sediakan semprot/spraying dan sobat bisa menyemprot burung yang ada pada sangkar!, ingat! jangan sampai basah kuyup sekedarnya basah saja!.
Lalu sejajarkan pintu sangkar dengan pintu keramba dan dimulai dengan membuka pintu keramba terlebih dahulu dan kemudian pintu sangkar, tunggu dan amati!.
Jika burung sudah berpindah tempat sobat bisa dengan sesegera mungkin menutup pintu keramba!.

Ok!, lakukan hal tersebut secara rutin, maka diharapkan nantinya burung kacer yang akan kita latih tersebut akan mengerti apa bila ingin mandi maka harus mandi dikeramba!.

Untuk memperoleh hasil yang maksimal sobat bisa mengabungkan kedua tips yang diatas.

Sebagai catatan :
Sering terjadi dan mengakibatkan burung stress dikarenakan kita yang kurang sabar dan memaksa burung agar segera masuk ke dalam keramba, dan melakukan tindakan kasar yang mengakibatkan burung menjadi panik dan trauma terhadap keramba mandi.
Perhatikan kesejajaran antara pintu sangkar dan keramba mandi, agar burung tidak terbang keluar sangkar!.

Ok, hanya itu saja tips yang bisa saya sampaikan pada postingan kali ini dan maaf jika ada kesalahan, selamat mencoba!, salam KC

Abdi_KC

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>