BURUNG KACER ANDA LEPAS DARI KANDANG? LAKUKAN TIPS BERIKUT!

burung kacer lepasSalam KC Mania!.

Ayooo… siapa yang burung kacernya lepas dari kandang???

Memang tidak bisa dipungkiri sedih bercampur dengan rasa kesal dalam hati tak tertahankan melihat kandang yang biasanya terisi burung kacer kesayangan tiba-tiba terbang menghilang entah kemana.
Yah!!! hal ini sering terjadi dan bisa menimpa kicaumania sekalian, selain meningkatkan ketelitian pada saat menganti pakan burung ataupun memandikan burung di keramba mandi agar burung kacer tidak beranjak pergi meninggalkan sangkarnya.

Sebelum hal tersebut terjadi, maka perlu doonk baca artikel ini, bagaimana mengembalikan burung kacer yang terlepas dari sangkar/kandangnya.

Ok!, berikut tips yang harus sobat kicau lakukan.

TIPS 1

1. Tetap tenang dan jangan panik!. hal ini akan membuat burung malah pergi terbang jauh meninggalkan sangkarnya.
2. Sediakan pakan berupa EF seperti jangkrik dan ulat hongkong, sediakan piring ukuran kecil yang dapat dimasukkan pada sangkar, letakkan ulat hongkong beserta dengan jangkrik yang sudah terlebih dahulu dipotong kaki bagian belakangnya, letakkan pada bagian dasar sangkar!, dan lepaskan tangkringan yang terdapat pada sangkar.
3. Posisikan sangkar burung pada bagian atas, seperti pada atap rumah ataupun lebih baik apabila tersedia tiang untuk menggantungkan sangkar, pastikan pintu sangkar terbuka,

TIPS 2

1. Sediakan kandang jerat yang biasa digunakan pemikat burung untuk menjebak burung liar.
2. Pada bagian/ruang kandang jerat masukkan burung kacer betina, berguna untuk memancing burung kacer jantan yang terlepas
3. Tunggu dan amati

TIPS 3

1. Sediakan spayer berisi air untuk menyemprot burung kacer
2. Semprot dengan perlahan dan hati-hati hingga bulu burung kacer menjadi basah kuyup dan burung tidak dapat terbang dengan optimal

TIPS 4 (Cara saya nieee…)

Cara berikut ini saya gunakan dan terbukti berhasil dan optimal yaitu dengan cara :

1. Kumpulkan teman-teman, sanak keluarga, tetangga, cari orang yang banyak hehehehehe….
2. Secara massal mengejar burung kacer tersebut, secara logika burung yang kesehariannya dikandang akan mudah lelah apabila terbang secara terus-menerus, jadi dengan melakukan proses pengejaran secara terus-menerus akan membuat burung kacer tersebut akan menjadi lelah dan tidak sanggup untuk terbang kembali.
3. Untuk memacu semangat untuk mengejar, berikan hadiah untuk siapa saja yang berhasil mendapatkan burung kacer tersebut, seperti syembara gituuu deh… hehehehe…

Nah!, jika ke 4 tips diatas sudah diterapkan dan tidak membuahkan hasil, maka berdoalah agar burung kacer tersebut ingat pulang ke sangkar “Seperti kata lagu yang mengatakan : Burung Saja Terbang Tak Lupa Pulang”

Ok, semoga bermanfaat!.

NB : Tidak dianjurkan untuk menerapkan tips diatas dengan segaja melepaskan burung kacer dari sangkarnya, hanya guna semata-mata menerapkan artikel diatas, karena resiko akan kehilangan burung ditanggung bebankan kepada siempunya burung” heheheheee….

This entry was posted in Artikel and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply